Wednesday, August 3, 2016

5 Hal yang Tak Pernah Terpikirkan Akan Membuatmu Semakin Dewasa

Menjadi dewasa itu bukan diukur dari umur tetapi masalah bagaimana kita dapat mengatur atau mengendalikan emosi kita terhadap orang lain dengan tepat. Terkadang kita masih belasan tetapi cara pandang kita sudah sangat jelas dan mapan, itulah yang di namakan DEWASA. Kini, Chameleon Projectakan membahas hal-hal apa saja yang bisa mempengaruhi kalian berperan dalam kedewasaan. Jika kalian merasa sudah melewati 5 hal ini, selamat, kalian benar-benar sudah berpikir DEWASA.
1.    Jangan Menjadi Cermin Bagi Orang Lain
Hei, jadilah dirimu sendiri! Bukankah menyenangkan saat kamu bisa mengekspresikan apapun yang kamu inginkan? Yang harus kamu lakukan adalah : PERCAYA. Tidak perlu mengikuti mereka karena mereka itu bukan kamu. Kamu itu ya kamu. Kalo kamu suka merah dan mereka menyukai hijau, kenapa harus mengikutinya? Buatlah jalanmu sendiri.
2.    Ada Pecinta Pasti ada Pembenci
Sadarilah bahwa Tuhan itu Maha Adil. Tidak perlu repot-repot memikirkan orang yang tidak menyukaimu karena dibalik itu semua pasti ada banyak orang yang mencintaimu. Saat kamu berada dalam situasi dimana kamu merasa diolok-olok, diabaikan, dikucilkan, diremehkan dan apapun yang membuatmu gusar, pikirkan dengan tenang. Kedua orang tuamu pasti menyayangimu, saudaramu, keluarga besarmu, sehabatmu, orang-orang terdekatmu bahkan kekasihmu. Dan yang harus kalian lakukan terhadap orang seperti itu ('yang menurutmu, membencimu') adalah : ABAIKAN dan SENYUMIN.
3.    Kurangi Berkata “AKU”
Well, bisa dibilang sedikit narsis dan egois. Tapi perhatikan ini :
A : "Bagus ya yang warna merah?"
B : "Iya sih, tapi AKU lebih suka warna biru."
A : "Ya udah cari baju di toko sebelah aja yuk?"
B : "Yang di sebelah toko bunga itu? Oke, AKU dulu sering kesana sama mantanku."
A : "Oya?"
B : "Iya, jadi AKU tuh…..bla…bla…bla…"
Lihatlah, betapa membosankan percakapan barusan. Dan mulai sekarang, kurangi berkata "AKU". Memang sebagai manusia naluri kita ingin selalu diperhatikan, tapi bukan berarti kamu selalu tampil didepan. Rasakan percakapan barusan, dan bayangkan kalian jadi si "A". Enggak banget-kan? Kalian nggak mungkin betah berteman dengan si "A" yang selalu menceritakan tentang dirinya dan segala macam hal yang tidak penting tentang dirinya.
4.    Rapikan Bahasa dalam Setiap Percakapan
Bahasa yang keluar dari mulutmu itu menunjukkan dari mana kamu berasal, bagaimana tingkat pendidikanmu, seberapa tinggi pemikiranmu. Hindari berkata yang tidak penting, seperti yang diulas sebelumnya, jika memang tidak ada yang ingin kamu sampaikan, lebih baik diam. Hindari juga berkata kotor, itu larangan keras.

Sudahkah kalian :
-Berkata "Terima kasih" saat diberi pertolongan atau sesuatu?
-Membalas "Terima kasih" dengan "Sama-sama" atau "Terima kasih kembali"?
-Menyelipkan kata "Tolong" saat meminta pertolongan atau bantuan?
-Mengucapkan "Permisi" saat mengganggu atau melewati kerumunan orang?
-Mengucapkan "Maaf" saat melakukan kesalahan?
-Mengucapkan Salam / menyapa saat berkunjung atau bertemu orang lain?
Jika belum, lakukan mulai hari ini!
5.    Perluas Wawasan Kalian, Agar menjadi Sumber Informasi
Selain menjadi benar-benar dewasa kamu juga harus tahu betapa pentingnya ilmu. Maka dari itu perluas wawasanmu. Baca apapun yang kamu lihat, jadikan segalanya yang terjadi sebagai sebuah pelajaran.
Itulah 5 tips dari Chameleon Project yang mungkin bisa membantu kalian untuk menuju fase kedewasaan.


Load disqus comments

0 comments